Pengertian & Fungsi Sistem Operasi Komputer

Pengertian & Fungsi Sistem Operasi Komputer

Belajar Servis Komputer - Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi Komputer : Sistem operasi komputer adalah seperangkat program yang beroperasi dalam pengelolaan sumber daya perangkat keras komputer dan juga berperan dalam melakukan kontrol terhadap operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak (software) beragam aplikasi yang biasa digunakan oleh para pengguna komputer seperti program pengolah data dan lainnya. Sistem operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.



Sistem operasi komputer merupakan software tingkat pertama yang berjalan pada saat komputer dinyalakan, sistem operasi ini diletakkan pada memori komputer yaitu Hardisk. Setelah sistem operasi berjalan, maka software-software lainnya dapat dijalankan. Sistem operasi inilah yang memberikan layanan inti umum terhadap software lain yang dijalankan, layanan inti umum tersebut berupa skeduling task, manajemen memori, antar-muka user, dan akses ke disc. Bagian kode yang melakukan layanan inti umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu sistem operasi.

Sistem operasi komputer berperan dalam menjamin setiap aplikasi yang berbeda dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Selain itu, sistem operasi juga memberikan kontribusi penuh dalam menghubungkan kinerja lapisan hardware dan lapisan software. Sistem operasi akan mengatur jadwal dari aplikasi-aplikasi yang berjalan secara bersamaan, sehingga setiap aplikasi mendapatkan waktu yang tepat dan cukup untuk menggunakan CPU dan juga memori, jadi tidak akan saling mengganggu kinerja masing-masing aplikasi.

Fungsi Sistem Operasi Komputer

  1. Sebagai penghubung antara pengguna dangan program aplikasi.
  2. Sebagai pengatur penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para user.
  3. Sebagai pengawas penggunaan perangkat keras, program aplikasi dan user (resource allocator).
  4. Sebagai pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.
Demikianlah  Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi Komputer semoga bermanfaat untuk kalian yang masih duduk di bangku kuliah dan bangku Smu,jangan lupa share artikel ini ke teman kalian ya, dan mudah-mudahan nilai kalian bagus :P


No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top