Cara Memperbaiki Komputer Yang Error

Cara Memperbaiki Komputer Yang Error

Image result for cara memperbaiki cpu yang tidak mau hidupBelajar Servis Komputer - Cara Memperbaiki Komputer Yang Error | Selamat malam sobat dan selamat berkunjung kembali ke situs kami, apakah anda pernah mengalami komputer error, misalkan anda pernah mengalami ini disini kami mempunyai panduannya dengan lengkap mengenai cara memperbaiki komputer error, sebelumnya kami sudah berbagi cara memperbaiki keyboar yang rusak gimana sobat apakah anda sudah bisa memperbaiki semua software atau hardware yang laptop anda punya? Mari kita langsung melihat cara nya di bawah ini :

1. Jangan Panik! File Anda Mungkin Masih Baik-baik Saja

Ketika berhadapan dengan komputer yang tidak dapat bekerja kebanyakan orang cenderung panik, khawatir bahwa semua data pada PC mereka hilang selamanya.

Memang benar bahwa alasan paling umum komputer tidak bekerja itu karena perangkat keras ada yang rusak atau bermasalah tapi perangkat keras tersebut jarang terjadi pada hard drive, bagian dari komputer Anda yang menyimpan semua file Anda.

Dengan kata lain, musik, dokumen, email, dan video mungkin saja masih aman - hanya saja tidak dapat diakses saat ini.

Jadi ambillah napas dalam-dalam dan cobalah untuk santai. Ada kesempatan baik dimana Anda dapat mengetahui persis mengapa komputer Anda tidak bekerja dan kemudian Anda memperbaikinya dan komputer kembali bekerja.


2. Komputer Tidak Menunjukkan Adanya Power/Tegangan
Cobalah langkah-langkah ini jika komputer Anda tidak mau menyala dan tidak menunjukkan adanya tanda-tanda tegangan - kipas tidak berputar dan tidak ada lampu yang menyala pada casing komputer.

Penting: Anda mungkin melihat cahaya di bagian belakang PC Anda tergantung pada jenis power supply yang Anda miliki dan penyebab masalahnya.

Catatan: Jangan khawatir tentang monitor saat ini. Jika komputer tidak menyalakan karena masalah listrik maka monitor tentu tidak dapat menampilkan sesuatu dari komputer. Lampu monitor Anda kemungkinan besar akan oranye / kuning jika komputer Anda berhenti mengirimkan informasi ke monitor.

3. Komputer Bisa Menyala... Lalu Mati Lagi

Ikuti langkah berikut jika, ketika Anda menghidupkan komputer Anda, komputer anda mati dalam beberapa detik atau menit.

Anda mungkin  mendengar kipas di dalam komputer Anda menyala, melihat lampu-lampu di depan komputer Anda aktif atau berkedip, dan kemudian semuanya berhenti. Anda tidak melihat apa-apa pada monitor dan Anda mungkin mendengar bunyi bip dari komputer sebelum mati dengan sendirinya.

Catatan: Seperti pada skenario sebelumnya, jangan khawatir tentang keadaan monitor. Anda mungkin memiliki masalah pada monitor juga tapi masalah itu belum saatnya diatasi saat ini.

4. Komputer Menyala Tetapi Tidak Muncul Apa Apa Pada Monitor

Jika komputer Anda tampaknya menerima tegangan setelah menyalakannya tetapi Anda tidak melihat apa-apa di monitor Anda, cobalah langkah-langkah mengatasi masalah ini.

Dalam situasi ini, lampu daya akan tetap menyala, Anda mungkin mendengar kipas dalam PC Anda bekerja, dan Anda mungkin mendengar satu atau lebih beep yang berasal dari komputer.

Situasi ini adalah situasi paling umum dalam pengalaman saya bekerja dengan komputer yang tidak bekerja. Sayangnya ini juga salah satu hal yang paling sulit untuk diatasi.

5. Komputer Berhenti atau Reboot Terus Menerus Selama POST

Gunakan panduan ini ketika komputer Anda menyala, setidaknya menunjukkan sesuatu di monitor, tapi kemudian berhenti, tak ada gerakan, atau reboot berulang-ulang selama Power On Self Test (POST). POST pada komputer Anda mungkin terlihat seperti di screenshot kiri atau sebaliknya mungkin hanya menampilkan logo pembuat komputer Anda.

Penting: Jangan gunakan panduan mengatasi masalah ini jika Anda mengalami masalah selama pemuatan sistem operasi, yang terjadi setelah Power On Self Test ini selesai. Mengatasi masalah Windows terkait alasan mengapa komputer Anda tidak bekerja mulai dengan nomer 6 di bawah ini.

r Mulai Memuat Windows (Loading) Tapi berhenti atau Reboot karena Blue Screen

Jika komputer Anda mulai memuat Windows tapi kemudian berhenti dan menampilkan layar biru (Blue Screen) dengan informasi tentang pesan kesalahan maka cobalah langkah-langkah ini. Anda mungkin melihat Windows splash screen sebelum muncul blue screen.

Ini jenis kesalahan yang disebut STOP error tetapi lebih sering disebut sebagai Blue Screen of Death atau BSoD. Kesalahan ini adalah alasan umum mengapa komputer tidak menyala.

Penting: Pilih panduan ini meskipun jika BSoD hanya berkedip di layar dan PC Anda merestart secara otomatis tanpa memberikan Anda waktu untuk membaca pesan kesalahan tersebut.

7. Komputer Mulai Memuat Windows Tapi berhenti atau Reboot Tanpa Pesan Kesalahan

Cobalah langkah-langkah berikut ketika komputer Anda mulai memuat Windows, tapi kemudian membeku, berhenti, atau reboot berulang-ulang tanpa menghasilkan pesan kesalahan apapun.

Penghentian, pembekuan, atau pengulangan restart dapat terjadi pada Windows splash screen seperti yang ditunjukkan oleh gambar di kiri atau bahkan pada layar hitam, dengan atau tanpa kursor berkedip.

Catatan: Jika komputer Anda bermasalah dan Anda melihat layar biru selama beberapa detik, Anda mengalami Blue Screen of Death dan harus menggunakan panduan troubleshooting nomer 6 di atas.

Penting: Jika Anda menduga bahwa Power On Self Test masih berlangsung dan bahwa Windows belum memulai untuk boot, panduan yang lebih baik adalah nomer 5 di atas. Disini merupakan garis halus dan kadang-kadang sulit untuk dikatakan.

8. Windows Selalu Kembali ke layar Opsi Boot Lanjutan (Advanced Boot Options)

Gunakan panduan ini apabila ada menu Boot Advanced Options yang selalu muncul setiap kali Anda me-restart komputer Anda dan tidak satupun dari pilihan tersebut yang berhasil.

Dalam situasi ini, tidak peduli pilihan Safe Mode manapun yang Anda pilih, komputer Anda akhirnya berhenti atau restart sendiri, setelah itu Anda kembali pada menu Advanced Boot Options tadi.

Ini adalah cara yang sangat mengganggu di mana komputer Anda tidak akan menyala karena Anda mencoba untuk menggunakan cara-cara Windows untuk memecahkan masalah Anda, tetapi Anda tidak akan mendapatkan apa apa dengan solusi mereka.

9. Windows Berhenti atau Reboot Saat atau Setelah Login Screen

Coba panduan mengatasi masalah ini ketika komputer Anda menyala, Windows menunjukkan menu login, tapi kemudian berhenti, atau reboot saat itu juga atau setelahnya.








10. Komputer Tidak Sepenuhnya Bekerja Karena Ada Sebuah Pesan Kesalahan

Jika komputer Anda menyala tapi kemudian berhenti atau macet pada suatu titik, menunjukkan pesan kesalahan, maka gunakan panduan ini.

Pesan kesalahan mungkin muncul pada suatu tahap saat proses booting pada komputer Anda, termasuk selama POST, saat pemuatan Windows, atau muncul di sepanjang jalan menuju ke desktop Windows.

Catatan: Satu-satunya pengecualian dalam menggunakan panduan ini yaitu apabil pesan kesalahannya adalah Blue Screen of Death. Lihat nomer 6 di atas untuk panduan yang lebih baik untuk masalah BSOD.


No comments:

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top